Rabu, 06 Agustus 2014

coding prosedural vs framework

saya 10 tahun ini koding php secara prosedural, hanya buat  function2 sendiri, kadang2 pake class yg atau php snippet ambil dari phpclass, selama ini lancar dan cepet, dan saya tahu persis alur kode bikinan.

karena ingin lebih rapi maka coba buat aplikasi selanjutnya pake framwork, ada beberapa framwork yg saya coba antara lain:
  1. codeigniter
  2. cakephp
  3. symfony
  4. yii
awalnya pake codeinginter, tapi melihat diskusi di kaskus dan di beberapa blog yg bilang codeingiter sudah mulai di tinggalkan dan banyak beralih ke framewrok lain, CI terlalu membebaskan gayakoding sehingga menyulitkan kerjasama tim, dan juga maintainance mulai rumit bila aplikasiCI sudah besar, karena itu gak jadi pake CI

cakephp terlalu ajaib, dan sepertinya peminatnya gak terlalu banyak
sumfony terlalu canggih, buktu waktu yg lama utk mempelajarinya, gak jadi

pilihan terakhir jatuh pada yii, komunitasya banyak, tutorial banyak, buku banyak dan lebih mudah di pelajari. pilihan skr pake ini sampai batas waktu yg tidak ditentukan, kecuali nanti ada framwork yg lebih memikat.

setelah berhasil membuat crud pake yii, selanjutnya mau buat user, disini kesulitan dimulai,  kalo prosedural sangat mudah saya buat kode login tinggal pake session, selesai. kini pake yii harus browsing2 dulu, cari beberapa tutorial.

itulah rumitnya pake framework, terkadang tutorial kode yg dipakai belum tentu saya ngerti, saya coba aja dulu kalo jalan berarti bagus, kalo tidak jalan berarti ada yg salah dg kode yg kopipaste, saya sendiri tidak ngerti semua baris2 kode yg saya ketik atau copas dari tutorial.
begitulah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar